Kisah Tentang Windows XP – Legendaris dan Populer

windows xp.png NEW.png

Windows, siapa yang tidak kenal dengan sistem operasi buatan Bill Gates yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia dan negara-negara Asia lainnya?

Saat ini Windows sudah mencapai versi Windows 10. Meski begitu tidak ada salahnya bila kita menengok kembali cerita tentang sesepuhnya yaitu Windows XP, sebab konon katanya Windows XP merupakan versi terbaik dari semua versi Windows yang pernah ditemukan.

Sudah tidak sabar untuk mengetahui ceritanya? Simak kisah tentang Windows XP di bawah ini dengan seksama.

Penerus Windows 2000 Profesional dan Windows ME

windows ME.png NEW.png

Windows XP diterbitkan dan diperkenalkan pertamakali kepada publik pada tahun 2001 tepatnya pada tanggal 24 Agustus dan merupakan penerus Windows 2000 dan Windows ME.

Nama XP sendiri merupakan singkatan dari Experience yang merupakan bahasa Inggris dari pengalaman.

Entah apa alasan pihak Windows memberi nama Windows Experience, mungkin karena Windows XP merupakan Windows pertama yang dibangun di atas kernel dan memilki visual yang keren di masanya.

Oleh karena itu barangkali yang dimaksud dengan “Experience” pada penamaan tersebut adalah pengalaman yang akan dimiliki oleh para konsumen yang  menjajal sistem operasi berbasis kernel dengan visual yang ciamik.

Sistem Operasi 64 Bit Pertama

Saat awal kemunculannya, Windows XP hanya diterbitkan dalam versi 32 bit saja. Kemudian pada tanggal 25 April 2005 diciptakanlah Windows XP Profesional dengan versi 64 bit.

Background Bukit “Bliss” yang Melegenda

Bagi kita yang pernah mencicipi Windows XP pasti tahu betul bahwa operating system ini memiliki background atau wallpaper bawaan berupa bukit padang rumput.

Sekilas wallpaper tersebut tampak seperti gambar digital. Namun sesugguhnya wallpaper tersebut merupakan foto sebuah padang savana asli.

Foto tersebut merupakan hasil karya seorang fotografer Amerika bernama Charles O’Rear yang pernah menjadi fotografer majalah National Geographic.

Ia mengaku bahwa pemandangan tersebut berada di dekat rumahnya kemudian pihak Windows membeli hasil jepretannya itu dengan harga yang tidak murah.

Nyaris Tersaingi Windows Vista

windows vista.png NEW.png

Kisah Tentang Windows XP yang tak akan pernah dilupakan oleh mantan penggunanya adalah cerita tentang kemunculan Windows Vista yang memiliki tampilan lebih seksi ketimbang Windows Xp.

Namun tak disangka ternyata Windows Vista yang memiliki tampilan lebih elegan itu tidak bisa menggantikan Windows XP.

Banyak orang yang beranggapan bahwa Windwos XP jauh lebih baik ketimbang Windows Vista sehingga Windows Vista dicap sebagai produk gagal.

Jadi meski saat itu beberapa orang telah menggunakan Windows Vista, masih banyak para konsumen yang bertahan menggunakan Windows XP.

Akhir Kejayaan Windows XP

Pada tahun 2009  muncul generasi baru dari Windows yaitu Windows 7. Sekilas tampilan tombol start menu pada Windows 7 hampir mirip dengan Windows Vista hanya saja warna taskbar dan bebrapa tombol lainnya cukup berbeda.

Selain itu perbedaan mencolok adalah Windows 7 dianggap lebih baik dibandingkan Windows Vista dan mampu menyaingi Windows XP.

Pada awal kemunculan Windows 7, masih banyak konsumen yang setia menggunakan Windows XP.

Namun lama kelamaan pihak Microsoft menyatakan bahwa mereka akan menarik Windows XP dengan cara tidak akan memberikan lagi update driver dan pendukung lainnya. Penarikan Windows XP resmi dilakukan pada tahun 2014.

Setelah Microsoft resmi menarik Windows XP dari peredaran, banyak konsumen yang beralih ke Windows 7.

Meski kini sudah tidak ada lagi yang menggunakan Windows XP, tetapi Windows XP merupakan sistem operasi besutan Microsoft yang paling lama digunakan yaitu hampir 14 tahun lamanya.

Sungguh legendaris dan populer sekali kisah tentang Windows XP tersebut.

 

 

 

 

 

Recent Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *