3 Software Ringan untuk Keperluan Edit Foto Sederhana

Menurut Anda, software manakah yang paling populer untuk keperluan editing foto? Sebagian besar dari kita tentunya mengenal Adobe Photoshop. Software yang satu ini memang sangat bisa diandalkan untuk melakukan edit foto. Bahkan sampai ada istilah foto yang sudah direkayasa disebut sebagai hasil Photoshop atau juga biasa dipelesetkan menjadi Sotosop. Padahal belum tentu foto tersebut diedit dengan menggunakan Photoshop.

Bagi banyak orang di luar sana, ternyata software sekelas Photoshop ternyata terlalu rumit. Biasanya hal tersebut dialami oleh para pemula yang sedang mulai belajar mengedit foto. Nah, di bawah ini ada 3 software yang ringan yang bisa digunakan sebagai media belajar edit foto atau gambar. Apa sajakah itu?

  1. GIMP

Gimp NEW

Jika Anda mencari software yang ringan untuk keperluan editing foto, GIMP yang merupakan singkatan dari GNU Image Manipulation Program. Selain softwarenya yang ringan, Anda juga bisa menggunakan software ini secara gratis. Bisa dibilang, untuk ukuran software gratisan yang bisa digunakan untuk mengedit foto, GIMP termasuk yang terbaik karena bisa menyediakan berbagai fitur untuk Anda. Sebagai contoh, Anda bisa menemukan brush tool yang sangat berguna bagi Anda untuk membuat efek sapuan kuas yang saat digunakan bisa diaplikasikan dengan berbagai cara. Kemudian ada lagi fitur selection yang akan memudahkan Anda untuk memilih bagian foto mana yang akan Anda edit. Sebagai contoh, Anda ingin memilih bagian pojok kanan atas dari foto karena Anda merasa area tersebut kurang terang. Selection tool bisa membantu Anda untuk memilih area tersebut dan kemudian melakukan editing lebih jauh di sana tanpa mengganggu area foto yang lainnya yang tidak terkena selection tool.

Ada juga path tools yang akan mempermudah Anda untuk memilih dan menggerakkan fragmen dari “path” atau segmen yang ada dalam foto untuk kemudian mendapatkan editing lebih lanjut. Dengan melihat berbagai fitur yang ditawarkan tersebut, tampaknya bisa dibilang GIMP ini tidak kalah dari Adobe Photoshop. Untuk masalah ukurannya, software ini hanya berukuran sekitar 80MB saja. Silakan coba download dan install untuk membuktikan betapa entengnya dan bergunanya software ini untuk membantu Anda mengedit foto dengan mudah.

  1. Photoscape

photoscape.png NEW.png

Photoscape merupakan salah satu alternatif software ringan untuk edit foto. Dibandingkan dengan GIMP yang sudah disebutkan di atas, software yang satu ini terbilang sangatlah ringan. Jika GIMP berukuran sekitar 80an MB, Photoscape hanyalah sebesar 30an MB. Ukuran software yang kecil tersebut tidak berarti fitur-fiturnya juga sangat minim. Photoscape tampaknya memang diperuntukkan untuk keperluan editing foto atau gambar yang sederhana. Tidak hanya itu saja, software ini juga tampaknya sangatlah bersahabat bagi para pemula terutama yang sedang belajar untuk mengedit foto. Fitur-fiturnya cukup lengkap meskipun terbilang sederhana. Ya, sangat wajar mengingat ukuran software ini hanya 30MB saja. Penggunaan software ini juga sangat mudah. Seperti yang sudah disebutkan di atas, tampaknya software ini memang menyasar para pengguna yang masih terbilang pemula. Buktinya bisa dilihat dari tampilan antar muka yang cukup sederhana yang membuatnya sangat mudah digunakan. Semua fitur-fitur untuk keperluan editing foto bisa ditemukan dan digunakan dengan mudah.

  1. Picasa

Picasa 2

Tentunya ada sudah sangat familier dengan nama software yang satu ini. Ya, Picasa memang lebih terkenal sebagai sebuah software bawaan komputer Windows untuk keperluan web album. Namun ternyata, pada prakteknya, software ini juga bisa digunakan untuk melakukan editing foto yang sederhana. Sebagai contoh, Anda ingin melakukan cropping pada beberapa bagian foto. Kemudian, Anda juga bisa melakukan editing pada tingkat cahaya dari foto. Untuk keperluan editing foto yang mudah dan sederhana, Anda memang bisa mempercayakan pada software yang satu ini.

Recent Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *